Jika tidak ingin repot bisa pergi ke bengkel dengan meminta bantuan montir, tetapi apabila kamu penyuka tantangan bisa membongkasr CVT sendiri. Adanya suara berisik belum tentu adanya komponen CVT yang aus bisa saja bagian CVT seperti Pulley, rumah roller dll kotor.
Dibawah saya akan berbagi informasi tentang cara membersihkan CVT Beat fi agar tidak berisik dan tarikan motor enteng. Alat alat untuk membuka CVT bisa yang modern dengan menggunakan Impact untuk membuat baut atau bisa juga dengan konci ring/shock dan treker.
Cara Bongkar CVT Beat f1
Selanjutnya urutan ketiga pada gambar dari kiri merupakan kunci T 8, kunci shock 22, shock 19, pahat kecil atau obeng, sikat, kuas dan treker (menggunakan cara sederhana atau tanpa impact). Dan saya menjelaskan membuka CVT dengan alat atau kunci sederhana.
1. Buka cover CVT Beat dengan menggunakan kunci T 8
2. Selanjutnya buka primer pulley dengan menggunakan kunci shock 22.
3.Setelah itu gunakan pahat, obeng atau baut yang panjang untuk menahan pullet agar tidak bergerak ketika dibuka (seperti gambar yang diberi panah posisinya).
4.Untuk membuka bagian driven pulley harus menggunakan penahan atau treker, cara membuat treker CVT sederhana bisa melihat gambar dibawah yaitu dengan menggunakan ujung tang kemudian gunakan kunci T yang ditahan pada ujung step. Tetapi harus ekstra sabar karena kalau tidak pas penahan akan jatuh.
5.Nah kalau dibawah menggunakan treker pada umumnya dimana yang dilengkapi tuas pengunci sehingga ketika mur diputar pulley tidak bergerak.
6. Kemudian copot seluruh komponen CVT dan lakukan pemerikasaan seperti apakah vanbelt masih layak atau harus ganti.
7. Bersihkan semua komponen CVT mulai dari rumah roller, piece slide, kemudian bagian kopling sentrifugal dengan di lap atau menggunakan kuas, jika memiliki kompresor akan lebih bagus untuk menghilangkan debu pada bagian yang sulit dijangkau.
Jika sudah pasang kembali dan motor di starter untuk mengecek bunyi tersebut sudah hilang atau belum. Demikianlah informasi singkat mengenai cara bongkar CVT Beat fi yang harus diingat ketika membuka primer pulley jangan mengganjal dengan baut karena dikwatirkan blok mesin menjadi pecah.
Cara merawat CVT sebaiknya ganti komponen V-bet setelah motor mencapai 15.000 km. Dan jika.setiap 8.000 km, disarankan untuk mengganti oli gearbox. Apabila tidak memliki peralatan bongkar CVT atau belum paham sebaiknya dibawa kebengkel untuk perawatanya.
Mohon bantuan mas.. Saya sudah buka semua baut cover CVT biet CBS saya namun cover nya susah dan keras untuk saya cabut.. Mohon solusinya mas?
BalasHapusDi tokok lah pake martil atau lihat bos y yg mna yg bekarat
HapusDiketok pelan2 pake gagal martil..atau palu karet klo ada
HapusTidak safety itu
BalasHapusSebagai ojol,sy sgt terbantu oleh panduan kakak.sy ucapkan trim ksh bgt,semoga kakak sll diberi kesehatan dan kemudahan dlm segala hal,aminnn...
BalasHapusBagus arikelnya sangat mwmbntu, saya akan mncoba bongkar pasang dewek, lagi nyicil konci2nya, nol pngalaman ..
BalasHapusGas gas
Hapus